Cara Membuat Busur Panah Dari Bambu


Lazada Indonesia
Busur panah dan anak panah adalah senjata yang biasa digunakan orang-orang terdahulu untuk berperang atau berburu hewan di hutan, namun sekarang panah sudah tidak lagi digunakan untuk untuk berperang atau berburu, memanah kini sudah menjadi salah satu cabang olah raga yang dipertandingkan di ajang olahraga tingkat daerah, nasional dan internasional.


Belakangan ini kursus olahraga memanah memang lagi ngetrend, selain itu kita sebagai muslim, kita diperintahkan oleh Rasulullah SAW untuk belajar memanah selain berenang dan berkuda. Bagi saya belajar memanah adalah olahraga elit karena biayanya yang cukup mahal, belum lagi peralatannya yang juga mahal, jalan satu-satunya agar bisa belajar memanah adalah dengan belajar sendiri dengan peralatan yang tentunya buatan sendiri pula.

Jemparingan
Nah ngomong-ngomong dalam hal membuat busur panah, kriteria busur panah yang baik adalah tentunya yang jangkauan paling jauh, untuk mencapai daya jangkau yang jauh diperlukan bahan yang baik dan berkualitas, sejauh ini ada 3 bahan yang saya tahu yang paling umum yang biasa dijadikan bahan untuk membuat busur panah yaitu bambu, kayu dan fiber glass, nah bahan yang paling mungkin untuk kita yang berkantong pas-pasan adalah bambu.

Lalu bambu yang seperti apa yang bagus yang bisa digunakan untuk bahan membuat busur panah ? ada banyak jenis bambu yang bisa digunakan untuk membuat busur panah adalah bambu petung/betung sebutan, awi bitung (Sunda), pring petung (Jawa), awo petung (Bugis), dan bambu swanggi (Papua).

Bambu Betung
Bambu petung/betung atau dendrocalamus asper adalah salah satu jenis bambu yang memiliki ukuran lingkar batang yang cukup besar dan termasuk ke dalam suku rumput-rumputan.Bambu betung memiliki nama lokal yang berbeda di setiap wilayah di Indonesia seperti sebutan awi bitung (Sunda), pring petung (Jawa), awo petung (Bugis), dan bambu swanggi (Papua).

Tumbuhan bambu betung yang masih muda ditutupi oleh lapisan berwarna coklat dan bertekstur seperti kain beludru.Tinggi bambu betung dapat mencapai 10 kaki sedangkan lingkar batangnya dapat mencapai 8 inchi.Bambu betung memiliki batang berkayu dan bernding tepal yaitu antara 11 sampai 20 mm.Bagian batang bambu betung bagian bawah terdapat node dan terdapat akar udara.Batang bambu betung terdiri dari ruas-ruas, panjang setiap ruas bambu antara 20 hingga 45 cm serta berwarna hijau pucat dan tertutup rambut coklat pendek.Daun tumbuhan ini berbentuk tombak dengan panjang sekitar 15 cm hingga 30 cm dan lebarnya antara 10 mm hingga 25 mm.( Sumber : Wikipedia ).

Tutorial dalam bentuk foto-foto dibawah ini bukan saya sebagai modelnya, tapi om-om bule ini yang akan memberika tutorial nya hehehe silahkan disimak saja.
















Nah bagaimana tutorial nya, cukup mudah bukan, jika ingin membuat busur panah yang lebih sempurna memang diperlukan waktu yang cukup lama dan dengan bahan-bahan yang kualitasnya lebih bagus.

Dibawan ini ada beberapa contoh model busur panah dari berbagai macam negara.

Mongolia bow.

para tentara mongolia terkenal dengan horse shooter nya, ini contoh busur mongolian new made tapi masih tetep pertahan kan keaslian nya, material kayu di laminasi oleh tanduk kerbau atau banteng.




Koren Bow.

Dari bentuk mirip mongolian bows karena mongolia sempat menjajah korea sehingga bows nya jadi mirip2 tapi sekarang sudah mendunia tuh .


Dibawah ini ada ada video cara membuat busur panah dari bambu silahkan disimak dan selamat berkreasi.

Lazada Indonesia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Busur Panah Dari Bambu"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya silahkan tinggalkan komentar