Cara Membuat Fender / Spakbor Sepeda

Belakangan ini saya lagi keranjingan bersepeda, sebenarnya sudah dari dulu saya suka naik sepeda dikarenakan baru punya sepeda lagi setelah sekian lama ga punya, sepeda ini saya beli dari teman dengan harga 150 ribu, awalnya penampilan nya tidak seperti ini, sepeda ini sudah saya poles dan ganti onderdil sana-sini menghabiskan dana sekita 700 ribuan, hmmm.. lumayan nguras kantong juga tapi kalo sudah hobi sih mau ngeluarin biaya sebesar apa juga its ok saja, nilai kepuasan yang ga bisa dibeli sama uang yang ga bisa diganti.


Mungkin diantara anda juga ada yang sama dengan saya, jika yang namanya hobi entah apapun itu seseorang rela merogoh kocek dalam-dalam demi sebuah kepuasan terkait hobi mereka, dan hobi yang sebenarnya dari saya adalah ngoprek, anda bisa lihat postingan saya campur-campur dan semuanya tidak jauh dari hal uprak-oprek.

Dan terkait ngoprek, saya masih ingin ngoprek sepeda saya, ya minimal sepeda tampilan nya bisa seperti sepeda dibawah ini.


Dan masalahnya adalah, sepeda saya termasuk kategori sepeda langka, ukuran frame atau rangkanya adalah 24 dimana sepeda sekarang kebanyakan seperti MTB atau fixie ukuran nya 26 keatas, saya kadang kesulitan mencari sparepart seperti velk, dan fork atau garpu, dan agak sulit jika saya harus buat sendiri, fork atau garpu sepeda saya itu fork sepeda fixie yang saya potong.

Ngomong-ngomong soal fender atau sepakbor, fungis utama dari fender adalah untuk menahan cipratan air jika sedang hujan, nah kali ini saya akan membuat postingan bagaimana caranya membuat fender dari stopmap plastik, walaupun fender nya buat sepeda MTB tapi bisa lah kita modif buat sepeda balap atau fixie, kiat langsung saja.

Untuk membeli fender/mud guard sepeda MTB untuk fork suspensi sedikit mahal kisaran harga Rp
100.000,- sampai Rp 200.000,- tergantung merk dan kualitas plastiknya. Immanuel Noble Soebangkit
memberikan cara membuat fender sepeda MTB yang murah. Berikut tutorialnya:
Bahan yang diperlukan ada di sekitar kita bahkan beberapa bisa memakai barang bekas atau alat yang
biasanya ada ditiap rumah:

1. Stopmap berbahan plastik atau mika
2. Gunting
3. Cutter
4. Ballpoint atau spidol
5. Kertas HVS
6. Cabble ties
7. Penggaris
8. Solder atau pelubang kertas

Langkah-langkah membuat fender MTB ini:

1. Buat pola seperti gambar, diatas kertas hvs terlebih dahulu ukurannya lebar 29 cm x panjang 26
cm
2. Gunting pola mengikuti garis luar
3. Pindahkan pola dengan cara menjiplak ke bahan utama yaitu stopmap plastik, untuk warna sukasuka
disesuaikan dengan warna sepeda
4. Gunting plastik sesuai dengan pola tadi, untuk bagian variasi dalam bisa potong dengan cutter
5. Untuk membuat dudukan ikatan kabel tist sesuaikan dengan posisi dudukan di sepeda
6. Hasilnya.. Manis dilihatnya! Jelas berguna untuk menahan cipratan air atau lumpur agar tidak
kemana-mana.

Untuk mebuat fender sepeda balap atau fixie bisa menggunakan bahan pipa paralon yang dibelah dan dipanaskan kemudian dibentuk melengkung, atau mungkin anda punya ide lain ? silahkan dikreasikan sendiri, sekian semoga bermanfaat

sumber : http://goowes.co/2015/06/17/cara-membuat-fender-sepeda-mtb/

Subscribe to receive free email updates: